• Follow Us

Belajar dan merasakan pengalaman yang baru melalui Field Trip “ Kampoeng Maen”

Date: March 25, 2013 Author: admin Categories: Uncategorized

“Hore…………. Asyik…………..” kata-kata yang menggambarkan rasa senang diucapkan anak-anak ketika ibu guru memberitahu akan mengajak mereka ke Cibubur. Hari Jumat, tanggal 15 Maret, pagi hari bus yang akan mengantar anak-anak terparkir di halaman sekolah dan hampir semua orang tua anak TK A menunggu sampai bus berangkat. Ibu guru dengan sabar mendengarkan pesan-pesan orang tua dan dengan tenang memberi penjelasan agar orang tua tidak khawatir untuk melepas anak-anaknya bermain di alam bebas. Setelah melambaikan tangan untuk berpamitan kepada mama dan papa, anak-anak dengan ceria menikmati perjalanan ke Cibubur. “ Ini jalan yang aku lewati tiap aku ke sekolah… Ini toko papa aku… Aku pernah makan di sini….“ kata mereka.

Kedatangan anak-anak disambut dengan ramah oleh team pembimbing permainan di kampoeng Maen. Bermain adalah salah satu cara bagi anak untuk belajar dan merasakan pengalaman yang baru. Dengan bermain akan mengasah kecerdasan mental, fisik maupun sosial anak dalam memahami nilai-nilai kehidupan. untuk memberi kesempatan yang seluas-Iuasnya kepada anak untuk bermain sekaligus menggali bakat mereka. Acara diawali dengan doa. Setelah itu mereka melakukan senam pagi lalu dibagi dalam kelompok dan tiap kelompok dipimpin oleh kakak pembimbing.

Pics01-K02Post25Mar2013
Pics02-K02Post25Mar2013

 

Banyak kegiatan menggembirakan, menegangkan dan penuh tantangan yang mereka lakukan, antara lain:

1. Memindahkan air dengan cara memeras
2. Menyusun bambu
3. Flying Fox
4. Jalan jaring
5. Lempar bola
6. Menangkap ikan

Ibu guru tidak menyangka, anak-anak yang tergolong pendiam dan penakut di kelas ternyata berani dan bisa melakukan kegiatan flying fox. Bahkan, ada beberapa anak yang ingin mengulang. “Ayo….. terus…. kamu bisa” Ibu guru dan teman-teman memberi semangat agar anak-anak yang kurang berani bisa mencapai finish. Kegiatan terakhir dan paling seru adalah menangkap ikan. Anak-anak masuk ke dalam kolam. Mereka saling berebut untuk bisa menangkap ikan. “Hore….. aku dapat…. Aku dapat….” Dengan bangga seorang anak mengangkat tinggi ikan hasil tangkapnnya dan anak-anak yang lain terus berusaha mengikuti keberhasilan temannya. Setelah semua ikan berhasil ditangkap, dengan dibimbing guru secara bergantian anak-anak mandi di tempat yang telah disediakan. “Hmmmm… Segar…. Tiba saatnya kita makan” kata ibu guru setelah anak-anak selesai mandi dan berganti pakaian.

Pics03-K02Post25Mar2013
Pics05-K02Post25Mar2013

 

Pics04-K02Post25Mar2013

Kegiatan diakhiri dengan doa, setelah itu anak-anak dengan tertib masuk ke dalam bus untuk melakukan perjalanan kembali ke sekolah.
Pengalaman indah dan seru yang memotivasi anak-anak agar lebih berani, bertanggung jawab, disiplin, mandiri, mampu bekerja sama dan mencintai alam ciptaan Tuhan.